Sabtu, 05 September 2009

Seni & Budaya

Kemana Jati Diri kita?
            Habis pulang terus nonton tipi, dan langsung muncul in memoriam salah satu penyanyi top dunia. Di hati kecil aku ini, eh mang kecilnya seberapa ya?. Upsss balik lagi ya! Nah sekarang ini kan budaya kita lagi banyak diakui oleh negara lain. Tapi Hemm,, padahal masih anget-angete loh! belum selesai perkara ini diselesaikan oleh sang penguasa negeri kita. Tapi yang aku sesalkan disaat ini seharusnya rasa nasionalisme kita akan kecintaan kita terhadap budaya dan kekayaan alam indonesia harus ditingkatkan, kok malah semangatnya justru ketika milik kita diacak - acak negara lain.
           Sebagai contoh kasus kecil, beberapa pekan yang lalu kita telah kehilangan salah satu seniman jalanan yang mampu mendobrak perhatian banyak publik. Ya semuanya pasti tahu pencipta dan penyanyi lagu Tak Gendong. Bersamaan dengan ini pula kita baru saja kehilangan sang sastrawan Indonesia, Beliau adalah penyair ternama yang kerap dijuluki sebagai "Burung Merak"
          Tapi sungguh sangat ironis, sungguh terlalu.... Coba bandingkan deh, dengan penyanyi  yang mendapat julukan the King of Pop. Dimana-mana kita muaaaaaaaaaaaasih aja mendendangkan lagu-lagu dia. Di Tipi pun masih banyak aja acara mengenang kematian dia..... Hemmmmmm bagaimana coba budaya kita tidak diakui oleh negara lain. Terutama Malaysia yang selalu mengacak-acak dan mengklaim budaya indonesia. Ya itu karena kita sebagai warga negara sendiri aja tidak tau apalagi mengerti dengan budaya kita sendiri. Aku pun kalau misalnya diajak nonton Pentas Seni Wayang  mungkin ga bakal mau,,, Ya aku baru sadar sekarang. Gimana kalau dengan Anda sendiri? padahal wayang sudah mendapatkan hak paten loh!
         Sudah mulai saatnya nih, sekarang kita harus sadar. Semua elemen masyarakat baik warga maupun pemerintah saling bantu untuk menghargai dan menjaga serta melestarikan warisan budaya bangsa kita ini...

W.S Rendra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar